Thursday 23 October 2014

Tekanan Darah Tinggi Pemicu Stroke

Siapapun dengan tekanan darah yang lebih tinggi lebih cenderung untuk terkena stroke, menurut sebuah analisis terbaru. Penelitian tentang risiko stroke pada orang dengan tekanan darah tinggi terus dilakukan, dan hasilnya bahwa tekanan darah tinggi sebagai pemicu stroke adalah benar.
 
Temuan ini menjadi sesuatu hal yang sangat penting bagi dunia kesehatan. Mengingat tingginya proporsi penduduk yang memiliki tekanan darah di atas normal. Ketika individu berhasil mengatasi masalah ini maka dapat mencegah terjadinya stroke.

Sebanyak 19 penelitian dengan lebih dari 760.000 peserta dimasukkan dalam analisis dan peserta di analisis selama periode waktu tertentu, mulai dari 4 tahun hingga 36 tahun. Dari 25 hingga 54 persen peserta penelitian memiliki tekanan darah tinggi. Analisis ini menemukan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi adalah 66 persen lebih mungkin untuk mengembangkan stroke daripada orang yang memiliki tekanan darah normal.

Hasilnya sama setelah peneliti menyesuaikan faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan risiko stroke, seperti kolesterol tinggi, diabetes dan merokok. Para peneliti menentukan bahwa hampir 20 persen dari stroke dalam populasi penelitian adalah karena tekanan darah di atas normal.

Mereka yang memiliki tekanan darah  tinggi adalah 95 persen lebih mungkin untuk mengembangkan stroke daripada mereka yang tekanan darahnya normal. Solusinya adalah hipertensi harus dikelola dengan perubahan pola makan dan latihan untuk membantu mengurangi risiko stroke.

No comments:

Post a Comment